Sabtu, 13 Oktober 2018

Demam Berdarah Timbulkan Ketakutan


Demam Berdarah menjadi salah satu penyakit berbahaya yang sering menghinggapi masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini menjadi momok yang menakutkan karena banyak sekali warga yang terjangkit dan sudah banyak korban yang meninggal dunia karena DBD ini. Indonesia menjadi negara beriklim tropis sehingga sangat baik untuk pertumbuhan beragam hewan dan tumbuhan. Perkembangan penyakit ini adalah salah satunya, meskipun berimbas negatif.


Demam Berdarah
Demam Berdarah

Selain di Indonesia, sebenarnya di lebih dari 100 negara juga dilalporkan terjangkit virus dengue terutama di wilayah seperti Amerika Selatan, Asia Tenggara dan India. Kematian yang disebabkan oleh DBD secara umum menurun. Namun di beberapa propinsi justru laporan terkait adanya penyakit ini cukup banyak seperti di Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.




Di periode 1998-2004, penyakit ini sempat  dijadikan sebagai Kejadian Luar Biasa karena menyebabkan 79.480 penderita dan lebih dari 800 orang meninggal. Tahun-tahun setelahnya persentasenya semakin menurun karena penanganan yang lebih baik dan pencegahan yang selalu aktif di semua wilayah di Indonesia. Namun bagaimanapun juga, penyakit ini masih terus menghantui karena masih terdapat orang-orang yang menderita DBD ini. Pemerintah perlu mencari solusi terkait ini, karena bagaimanapun juga DBD menjadi salah satu penyakit berbahaya yang eksistensinya selalu ada di Indonesia. Terutama di wilayah-wilayah yang persentase penyebarannya masih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar